Minggu, 17 Februari 2013

Siap Punya Momongan Lagi?

"Sayaaang, aku hamiil" *mata sambil berkaca-kaca*
dan mereka pun berpeluk mesra sambil berucap sayang dan bersyukur.

Itu bukan sih adegan ketika kasih tahu suami, kalau kita hamil hahaha, sepertinya saya kebanyakan nonton tivi -__-". Padahal respon suami saya nggak gitu-gitu juga sih, datar dan lempeeeng. Anak kedua malah kacau lagi, dianya nggak tahu itu garis dua artinya apaan *tepok jidat*..

Banyangan di atas mungkin respon hamil anak pertama kali ya. Jadi penasaran kalo respon anak ketiga, keempat atau bahkan kelima gimana ya. 

"Sayaaaaaang, aku hamil" *sedikit cemberut* "Papa siiiiihh"
Laaaah kok jadi nyalahin suami hahahaha.. *Duh imajinasiku

Memang sih nambah anak dalam bayangan saya dulu pas beranak satu, antara siap nggak ya membagi kasih sayang dan perhatian dengan si sulung. Sedih, melloooow aja gitu bawaannya kalo mikirin. Aduh untuk pas hamil udah siap lahir batin dengan diri sendiri. Kebayang hamil-hamil perasaan sedih nggak karuan, kasian si adek bayi. Hayoooo yang mau "tekdung" lagi berdamai dulu dengan diri sendiri..wakakaka..

Kalau saya termasuk orang yang percaya, anak itu titipan dari Tuhan yang berarti Ia percaya bahwa kita mampu diberi tanggung jawab yang begitu besar. Dunia akhirat maaaak tanggung jawabnya. Dan satu lagi saya percaya setiap anak bawa rejeki masing-masing (beneran ngalamin dapet rejeki yang nggak terduga tiap hamil). Tapi bukan berarti nambah anak nggak ada persiapan finansial sama sekali untuk mereka. Kita HARUS siap. Nambah anak berarti nambah biaya sekolah TK-SD-SMP-SMA-kuliah, belum biaya keperluan kayak baju dll, berarti nambah kamar buat kalo gedean dikit, berarti berarti...Hiyaaa kayaknya ribet banget ya. Mending siapin sekarang kan dari pada nanti kebingungan cari dananya kemana. Saya pengen cerita-cerita dikit nih tentang cara sederhana saya mengelola dana untuk anak-anak.

Saya ketika hamil Kay tiap bulan konsul ke dokter karena nggak di cover sama asuransi, lumayan motong duit belanja. Padahal baruuu aja naik jabatan jadi manager keuangan rumah tangga alias baru merit. Kelimpunganlaaah, namanya juga baru belajar ngatur duit. Nah mulai mikir,  jadilah HARUS (Caps lock, tebelin, garis bawah!!) punya pos sendiri. Ya kan saya nggak mau juga tiap bulan duit belanja kepotong hihihihi..Awal-awal hamil kan emang lumayan juga tuh biaya ke dokter. Ketika di trisemester tiga lumayan tiap bulan jatah konsul ke dokter ga banyak-banyak amat, eh tapi konsulnya juga tiap dua minggu sekali ya. Jatuhnya sama aja dong ya hahaha. Intinya saat itu pos pengeluaran buat konsul ke dokter wajib hukumnya. Meskipun awal-awal hamil agak keluar banyak tapi selalu ada sisa. Sisa dari bulan ke bulan terkumpulah dan tanpa saya hitung-hitung pas buat belanja kebutuhan bayi kayak popok, bedong, baju-baju dan lain lain, kami sudah punya dananya. Jadi enteng aja belanja keperluan bayi tanpa menggerutu sambil bawa gembolan belanjaan.

Dan pos bulanan konsul ke dokter terus berlanjut setelah Kay lahir berubah jadi pos kebutuhan bulanannya. Kebutuhan bulanan itu maksudnya untuk baju, sepatu, mainan, buku, dan segala keperluan sampingan Kay.  Dengan pemikiran, entar kalo beli baju anak ga ambil jatah bulanan lainnya (lagi-lagi duit belanja :p). Ini bener-bener itung-itungan seorang ibu rumah tangga yang jadi manager keuangan amatiran. Tapi sukses saya rasakan manfaatnya lohh. Kan tiap bulan nggak melulu si anak beli baju,sepatu atau mainan, jadi pos tersebut kadang sisa, kadang ga tersentuh, kadang ya bablas habis. Tapi belanja jadi nggak bikin sakit hati kaaaan maaak...duit belanja???amaaaan makkk. Kalau liat jumlahnya sekarang lumayanlah buat keperluan Kay nggak pusing mikirinnya.

Nah hamil anak kedua ini, si Mamak ini sudah banyak bekal baca-baca tentang finansial planing.  Jadilah lebih sedikit terkonsep Begitu tahu hamil, muncul lagi pos bulanan khusus si adek bayi dalam pengeluaran bulanan. Karena konsul ke dokter sudah tercover (tuhkaaan rejeki anak itu maaak). Dana yang kami siapkan adalah untuk pos biaya kebutuhan bulanannya dan biaya pendidikan. Nggak usah gede-gede dananya yang penting KONSISTEN dan kita tahu dana buat apa. Diapain dananya silahkan pilih sendiri providernya ya maaak, eike bukan real "financial planner" jadi ga ngerti hihi. Intinya sih siap nambah anak otomatis nambah persiapan finansialnya. Demi sentosa dan sejahteranya kehidupan tiap anggota keluarga.

Jadi nambah anak siapa takut?

*eeeeh tapi nurut pemerintah aja deh kalo saya dua aja cukup*
*ngucapin doa yang banyak*
*abis lahiran pasang spiral :p*

4 komentar:

  1. dulu pengen punya krucil-krucil yang usianya gak beda jauh, kayak jarak setahunan
    jadi gk sabar pengen nambah lagi hehehe, tapi nunggu si kecil 2 tahun dulu deh... hehe

    BalasHapus
  2. Bener banget! Sekarang udah 2, sepasang pula. Sudah cukup ah :) *pasang spiral*

    Btw, selamat ya Nin, sehat trus.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak shan cukup...tapi kalo nambah juga gpp kok hihi

      Hapus