Selasa, 08 Maret 2016

Belajar Menjahit ala Nina


Belajar menjahit selalu menjadi cita-citaku. Kendala punya anak kecil memang membuat maju mundur untuk ikutan kursus menjahit yang nggak membolehkan membawa anak kecil. Di area menjahit banyak debu benang jadi tidak aman dan nyaman bila anak-anak ada di sana.
Akhirnya aku hanya bisa melihat-lihat tutorial di youtube. Kayaknya gampang ya menjahit, kalau melihat di yutub hahaha. Aku sama sekali nggak punya basic menjahit, semakin dibuat penasaran. Belum lagi kalau beli baju anak, pasti mengira-ngira cara bikinnya. "Ah aku pasti bisa bikin sendiri", pasti di hati gitu, padahal mah keki sama harganya huahaha.


Tekad semakin bulat. Aku pun mengumpulkan pundi-pundi untuk membeli sebuah mesin jahit. Ketika dananya terkumpul dan ijin suami turun, di temani suami dan anak-anak, aku hunting mesin jahit di daerah Mangga Dua. Dari berbulan-bulan membaca review tentang mesin jahit ini-itu, tanya sana-sini. Dari rumah sudah bertekad akan beli mesin jahit itu. Tetep yaaaa, sampe sana galau juga.


Yang pertama aku bikin adalah rok-rok panjang untuk Kakak. Lumayan, bisa buat main atau pergi. Bahan yang dipilih katun jepang. Belajar dari yutub, dipantengin sampai tamat dan lulus akhirnya memberanikan diri menjahit.
Lumayaaan telah jadi beberapa rok untuk main dan pergi. Anak-anak ternyata seneng ya kalau memakai hasil karya emaknya. Bikin aku jadi semangat bebikinan lagi. Lanjut Abang minta dibikinin sarung. Polanya 11-12 dengan rok hihihi, gampang deh jadinya.




Lanjut ke model selanjutnya aku mencoba membuat celana. Huuuufff yang ini susaaah. Sudah menjahit tiga kali dan hasilnya gagal!!. Ada yang pinggang kekecilan, jahitan lepas, kependekan, kaki kanan nggak sama dengan kiri, sukses membuat aku putus asa sodara-sodaraa. Setelah mencoba kesekian kali, sedikit sukses buat celana Kakak walaupun cingkrang. Celana ini aku buat dari pasminaku yang sudah nggak dipake lagi. Yah paling nggak kalo gagal lagi, aku nggak nyesek-nyesek amat buang kain hihihi.
Sekarang mesin jahit teronggok dengan cantik. Sebenarnya pengen banget bikin dress atau gamis anak untuk Kakak dan Adek. Tapi masih belum bisa nyari waktu kosong. Adek Sarah yang masih 4 bulan jadi prioritas utama sekang. Aku menulis ini sambil mengumpulkan mood, tekad, dan waktu untuk menjahit lagi. Tunggu ceritaku selanjutnya yaaah.


12 komentar:

  1. Cantik maaaaaak. Duuuhh, bikin mupeng. Minta tutorialnya dong maaak. hihihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasi mak, boleeeh boleeeh...entar kalau sempet bikin tutorialnya...

      Hapus
  2. Hebat bljr otodidak gitu ya mbak ;) Mamaku dulu yg suka bikinin kita baju. Tp nth kenapa anak2 nya ga ADA yg mewarisi keahlian jahitnya :p .. Nyerah deh mbak kalo disuruh jahit.. -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren mamah mamah jaman dulu..baju2 mereka bikin sendiri yaak...belajar aja mak mumpung gratis nggak perlu kursus hihihi

      Hapus
  3. bisa pasti maaak ayo dicoba...modalnya tutorial yutub doang...hihihihi...sama mesin jahit sih...:p

    BalasHapus
  4. ngarep bisa belajar otodidak kaya gini juga, tapi sekarang ngumpulin recehan buat beli mesin jahit dulu hihii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat maaak...aku pun kumpulin dari sisa uang belanja hihihi..

      Hapus
  5. dulu jaman sma aku kursusu jahit dan sudah mahir, sekarang mungkin sudah lupa lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah pasti canggih menjahitnya, aku mah apatuh remah remah rempeyek...masih anak bawang banget..hihihi

      Hapus
  6. Mamiku jago banget jahit, malah mudanya pernah terima jahitan gitu, tapi 3 anak perempuannya 1 pun ga ada yang bisa jahit hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau belajar pasti juga canggih seperti maminya mbak..semangat... :)

      Hapus