Selasa, 08 Maret 2016

Weekend Tanpa Ke Mall : Curug Cihurang Bogor

Sebenarnya ini cerita Weekend Tanpa Ke Mall kami sudah beberapa bulan lalu. Aku baru sempat menulisnya. Weekend Tanpa ke mall kali ini, kami sekeluarga kembali mengunjungi kota Bogor. Beberapa kali kami mengunjungi curug di daerah Bogor. Giliran Curug Cihurang sekarang. Berdasarkan beberapa review, curug ini tidak terlalu terjal dan aman bila membawa anak-anak. Akhirnya kami memutuskan kesana. Kami membawa tiga krucil 5th, 2th, dan 2bulan jadi mencari tempat yang senyaman mungkin.
Menuju ke lokasi Curug Cihurang, pemandangannya benar-benar memanjakan mata. Ternyata tidak perlu jauh-jauh dan bermacet-macetan ke Puncak untuk mendapatkan udara segar dan pemandangan yang indah. 



 


Berbekal google map, kami berangkat melewati jalanan naik turun, sawah, perkampungan dan akhirnya sampai di Kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Dari gerbang menuju Curug Cihurang, kami melewati hutan pinus yang tinggi menjulang. Cahaya matahari menerobos dari sela-sela pohon. Kami memberhentikan mobil kami sebentar untuk mengabadikan momen hihihi. Kebetulan masih sepi jadi acara foto-foto sangat leluasa deh.




Curug Cihurang adalah curug pertama yang ditemui di kawasan Taman Nasional Gn. Halimun Salak. Lokasinya dekat dengan area parkir. Sewaktu kami ke sana, pas liburan panjang. Jadi, banyak keluarga-keluarga lain yang sedang kemping. Cukup ramai, ditambah beberapa tenda berisi anak sekolah yang kemping juga.


Dari arah pintu masuk setelah membayar tiket. Kami jalan sebentar lalu sampai ke curugnya. Oh iya tiketnya sekitar Rp 15.000 rupiah. Tidak terlalu jauh memang, jalanannya pun bersabahat untuk dilalui anak-anak. Curugnya tidak terlalu tinggi. Kami main-main sebentar lalu selesai. Anak-anak tidak tahan berlama-lama karena airnya terlalu dingin. Setelah bersih-bersih dan ganti baju. Kami mencari warung makan karena kelaparan.






Warung-warung makan terdapat di area parkir. Rata-rata menjual mie instan. Tapi memang paling pas makan mie instan di tempat seperti ini, pas juga lagi laperrrr hihihi. Berbeda dengan Curug Nangka, makananya lebih variatif menunya. Mungkin kalau kesini bisa membawa bekal dari rumah.




Setelah makan, kami jalan menuju ke atas. Rencananya mau melihat air terjun selanjutnya sekalian menikmati hutan pinus. Tapi ternyata jauh juga, akhirnya hanya jalan-jalan sebentar lalu turun lagi.
Curug Cihurang, menurut saya cukup pas untuk dikunjungi bila membawa anak-anak. Medannya tidak terlalu terjal dan tidak jauh. Jadi anak-anak tidak perlu sampai naik tangga menuju ke atas. Hanya saja, areanya sangat banyak sampah, kamar mandi juga kurang memadai, dan penjual makanannya kurang variatif. Tetapi udara yang segar, hutan pinus yang keren, bau tanah yang lembab, jika ini yang kamu cari, bisa jadi alternatif mengisi weekend bersama keluarga.








2 komentar:

  1. kalau liburan kayak begini sebetulnya asik. Malah kayaknya sehari suka kurang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget mbak, enak kalo kemping sekalian ya :)

      Hapus