Sabtu, 26 Januari 2013

Hypnoparenting..

Duluu waktu Kay GTMnya duh amit-amit kayaknya segala cara udah dicoba kok ya teteeep aja GTM. Nah mantengin twitnya siapa gitu lupa, pas lagi bahas hypnoparenting. Sangking semangatnya pengen nyoba terapin ke Kay, itu 60 twit saya tulis rapi di buku (sumpah rajin apa desperate ini...tapi demi anak ya bookk). Akhirnya saya share aja deh, sapa tahu bermanfaat tapi maaf saya lupa sumbernya, akun mana yang ngetwit. Maaf yaaaa kalo asal ngpost aja.

Hypnoparenting adalah hypnotherapi yang secara garis besar berguna untuk meningkatkan komunikasi spiritual orang tua dan anak. Terapis terbaik untuk anak adalah orang tuanya sendiri karena karakter pikiran anak-anak berbeda dengan orang dewasa. Pikiran manusia terdiri  dari alam sadar 12% dan alam bawah sadar 88%. Skema ini sudah dianut sejak jaman Sigmund Freud. Di dalam pikiran sadar 12% ada pembatas yang disebut gerbang bawah sadar. Gerban inilah yang melakukan filter terhadap informasi.

Sejak dalam kandungan sampai sekir 4 tahun, anak belum memiliki pikiran sadar (conscious mind) seperti orang dewasa. Mulai 4- 12 tahun, pikiran sadarnya mulai terbentuk hanya saja ia tidak memiliki gerbang pembatas dengan bawah sadarnya. Saat anak berumur 7-12 tahun, gerbang bawah sadarnya mulai terbentuk sedikit, namun masih rentan dan filter belum bekerja dengan baik. Artinya anak dibawah 12 tahun masih sangat mudah menyerap dan diprogram ke dalam bawah sadarnya tanpa filter apapun. Segala yang ia tangkap di lingkungannya, akan diterima sebagai suatu kebenaran sekalipun itu adalah sesuatu yang salah. Saat anak sejak kecil diajarkan untuk mencuri, sampai dewasa ia akan menganggap bahwa mencuri adalah perbuatan baik.

Hypnoparenting bekerja langsung pada alam bawah sadar anak sehingga orang tua melakukan pola asuhan tanpa paksaan. Kedua orang tua harus paham dengan sifat dan kebiasaan anaknya sehingga tidak melakukan sugesti yang bertentangan dengan sifat si kecil. Pikiran manusia sangat simpel terutama dalam kondisi hipnosis dan tidak dapat menerima kata negasi seperti "tidak, jangan, bukan". Saat melihat anak berlari, orang tua otomatis memerintahkan "jangan lari". Apa yang terjadi?Anak justru semakin berlari. Apa bedanya saat membaca ini " Jangan membayangkan seekor kucing belang tiga dan pita di lehernya".

Saat kita berkata "jangan", fokus justru mengarah pada apa yang harus dihindari. Cobalah mulai sekarang untuk fokus pada tujuan. Fokuskan pada kata-kata positif dan hindari penggunaan kata negatif seperti "nakal, bandel, malas, susah, dan seterusnya". Salah satu cara memprogram ke bawah sadar adalah repitisi. Setiap hari anak dibilang "jangan nakal" programnya adalah "nakal". Lakukan program yang baik, daripada mengatakan "jangan nakal" lebih baik fokus langsung ke tujuan "jadi anak baik". Orang tua harus paham betul konsep dasar hypnoparenting dan bukan hanya sekedar tahu sehingga melakukannya tidak sepenuh hati.

Jangan melakukan kekerasan pada si kecil, karena ia akan dengan mudah memprogram kekerasan tersebut di jiwa bawah sadarnya. Hindari kata negatif seperti "Besok pagi kamu bangun dan tidak rewel" tetapi diganti menjadi " Besok pagi kamu bangun dengan senang hati".

Sugesti hipnosis pada anak yang diberikan saat ia tidur disebut Pillow Talk. Pillow Talk adalah hipnosis dalam, jadi jika ragu-ragu sebaiknya jangan dicoba daripada salah. Konsultasikan jika belum yakin betul. Pillow Talk adalah metode hypnosleep atau program sugesti yang diberikan oleh orang tua saat anak sedang dalam kondisi tidur.
Gelombang otak yang dominan pada manusia ada empat yaitu Beta-Alpha-Theta-Delta. Terurut dari gelombang paling tinggi sampai terendah. Gelombang Beta adalah gelombang otak saat seseorang aktif berpikir. Anak-anak mengalami gelombang Beta saat marah /tantrum. Gelombang otak alpha saat seseorang dalam kondisi tenang, fokus, dan sadar. Karena itu sugesti hipnosis dapat diberikan di sini. Gelombang otak Theta, saat seseorang sudah tidur namun pikiran bawah sadarnya masih bangun sehingga sugesti hipnosis tetap terekam. gelombang otak Delta, saat seseorang tertidur nyenyak sekali sehingga pikiran sadar maupun bawah sadarnya tidak aktif. saat mulai tertidur, gelombang otak akan turun ke Alpha-Theta-Delta. Gelombang untuk sugesti hipnosis adalah Alfa-Theta.

Anak-anak cenderung lebih cepat mengalami penurunan gelombang otang dari Alpha-Theta-Delta, apalagi saat ia sedang lelah. Yakinkan terlebih dahulu bahwa anak masih berada di gelombang Theta saat kita hendak memberikan sugesti Pillow Talk. Lebih baik jika orang tua mengetahui cara belajar anak: visual,auditifm dan kinestetik agar Pillow Talk lebih efektif. 1-5 menit pertama saat anak baru mulai tertidur, kemungkinan besar masih berada di gelombang Alpha menuju Theta. jika kelihatan anak sudah mulai terlelap, coba goyangkan kepalanya ke kiri dan ke kanan sampai terlihat ada respon. Respon yang umum yaitu berubahnya pola napas si kecil saat diganggu sedikit, ini tandanya gelombang otang pindah ke Theta. Mulailah prose Pillow Talk dengan terlebih dahulu menuliskan kata-kata sugesti untuk anak, karena ini adalah kunci penting keberhasilannya. Belai kepalanya / bagian tubuh lainnya sambil menyebutkan diri anda (ayah atau bundanya). Katakan "Adik, ini Bunda yang sedang berbicara dengan Adik, kalau adik bisa dengar gerakkan ibu jari tangan kiri adik.". Tunggulah respon anak setelah Anda mengucapkan kalimat perkenalan. Jika ia belum merespon dengan gerakan, tunggu 30 detik dan ulangi. cobalah 2-3 kali sampai anak memberikan respon berupa gerakan (bisa gerakan jari, kepala dsb) agar yakin ia berada di Theta. Jika sampai 2-3 kali belum ada respon, coba ganggu sedikit dengan menggoyangkan kepalanya agar gelombang otaknya naik. Jika anak belum tetap merespon, mungkin ia sudak masuk ke delta, tetapi tidak ada salahnya dicoba berikan sugesti saja. Beberapa anak tidak sensitif dengan gerakan ideomotor, jadi kemungkinan respon gerakan tubuh akan kecil bahkan tidak terasa. Ideomotor adalah gerakan yang diperintahkan dari alam bawah sadar, saat kita minta anak gerakan jari, perintah datang dari bawah sadar. Jika anak memberikan respon berupa gerakan sebenarnya semakin kecil responnya, semakin dalam kondisi hipnosisnya. sgera berikan anak sugesti hipnosis dengan kalimat-kalimat yang sudah Anda persiapkan dan yakin benar.

Fiuuuuuhhh selesai juga ngetiknya. Lumayan banyak juga (kebayang dulu nulisnya keriting ini jari). Betewe selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar