Rabu, 17 Juli 2013

Belajar Berkebun

Ide ini dari baca-baca ditwitter "Mulailah mengenalkan berkebun pada anak dengan tanaman yang mudah dan cepat tumbuh seperti kacang hijau". Wohoo idenya keren banget. Jadi inget tugas pelajaran Biologi waktu jaman SMP dulu, saya disuruh menanam kacang ijo didalam gelas air mineral. Gampang dan bisa diamati tiap hari. Akhirnya saya ajak Kay untu belajar menanam tujuan simpel mengenalkan biji berubah jadi akar terus ada daunnya.
Semua  step bisa Kay yang lakukan mulai mengambil gelas, memasukkan kapas dan memberi air, memasukkan biji kacang hijau lalu menyimpannya. See?itu mudah banget dilakukan oleh anak 3 tahun. Dan dia bangga sekali bisa melakukannya sendiri
Lalu saya bercerita bahwa nanti akan tumbuh akar dan beberapa hari kemudia akan tumbuh daun. Tapi ya namanya anak 3 tahun belum tahu tentang waktu dan mereka adalah makhluk kecil yamg tidak sabar hahaha, selang 10 menit dia bertanya "Sudah tumbuh belum daunnya" dan diulangi 10 menit kemudian. Keesokan harinya tumbuh tunas dari biji. Dan saya langsung mengabari Kay. Melihat tanamannya tumbuh ia langsung bilang "Wow keren ya Bun!" hahaha..
Hari ketiga, daun mulai muncul dan saya bercerita bahwa tanamannya akan bertambah tinggi dan tinggi itulah yang namanya tumbuh. Wihiiiii seerrru deh..

3 komentar: